banner image
banner image

Bahas tentang ketersinggungan

Ada hal yang sedang menarik belakangan ini. Ketersinggungan, akhir2 ini kayanya gampang banget orang buat tersinggung, entah dengan dijadiin candaan bahkan sekedar karena apa yang dia tahu itu dibicarakan sama orang yang menurut orang yang tersinggung itu memiliki pengetahuan tentang sesuatu hal tersebut kurang dari apa yang dia tahu (ngerti kan maksudnya), jadi ini kan parah gitu, maksudnya kaya gimana kita bisa dapat bertukar wawasan baru atau gimana kita mau jadi hidup enak lah bisa dibilang kalo hanya karena komunikasi yang berjalan seperti itu bisa berdampak seseorang jadi tersinggung. Parahnya lagi, dengan sekarang ini orang yang punya ketersinggungan seperti terlihat lebih jelas, lebih dapet spotlight lah gitu dibandingkan dengan orang yang bikin hal itu atau orang yang setuju dengan hal itu, mungkin juga karena gak orang yang setuju mikirnya ya, ya udah ini konten gw nikmati aja, abis itu udah kelar.

Gini gw jadi setuju sama salah satu influencer di indonesia yang kemarin sempet dapet masalah dengan ketersinggungan juga, coki pardede. jadi dia bilang kurang lebih kaya gini “jadi di Indonesia itu sebenernya kecanggihan teknologi yang udah masuk itu kecepetan dibanding dengan kesiapan orang-orangnya itu sendiri dalam menggunakan teknologinya” hal itu kan jadi dampaknya ke hal2 semacam ketersinggungan itu tadi, dimana katakan ada orang yang dari lingkungannya bergaul cuma dikalangan itu-itu doang sebelumnyam setelah adanya teknologi yang maju gini, dia jadi kaget gitu dengan kemudahan yang bisa dia dapet buat melihat hal-hal baru yang sebelumnya dia gak pernah liat. nah, diantara semua hal-hal baru ini gak mungkin dong semua hal yang diliat itu adalah hal-hal yang dia suka dan celakanya, mungkin karena kebiasaan yang biasa dia temukan di lingkungannya dia untuk selalu memperjuangkan apa yang menurut dia bener sampe abis lah gitu bilangnya, sampe dititik dimana hal itu bisa diterima oleh orang yang buat sesuatu yang dia gak setuju ini nih. sekarang yang jadi masalah kan kalo udah sampe disana kan satu titik itu juga bakal jadi hal yang mengganggu gitu, annoying lah bahasa jakselnya.

Satu sisi memperjuangkan pendapat itu sebenernya juga hal yang bagus buat dilakukan, gak ada yang salah juga sih dengan memperjuangkan pendapat, cuma kan kita perlu juga tau kalo orang juga punya pendapat boleh berbeda-beda dong (ini gw juga gak menuntut yang lain setuju apa gak dengan pendapat gw) tapi intinya sih apa yang bener menurut lu belum tentu bener menurut orang lain, dan yaudah, yaudah biarin aja udah sampe disitu kalo orang itu emang punya cara pandang lain. ini balik lagi ke hal tentang ketersinggungan, dimana dari katanya si coki pardede (atau pandji pragiwaksono, gw lupa dah) itu juga apa yang udah disampaikan dari seseorang jika hal tersebut sudah disampaikan itu bukan lagi hak si yang punya omongan buat di membenarkan atau menyalahkan pendapat orang yang mendengarnya tentang interpretasi mengenai hal itu.


Nah sekarang berkaca dari fenomena ketersinggungan tadi, dimana sekarang kayaknya orang tersinggung itu lumrah gitu, liat iklan blackpink, dibikin petisi buat di stop, udah gitu sekarang yang ngelaporin iklan blackpink juga ikut dipetisi supaya berenti buat petisi, ini kan udah jadi petisi-ception gitu lah ya, petisi diatas petisi, atau petisi ganda lah kaya di spongebob gitu (tapi itu ironi, haha). dari situ gw mau ngutip katanya pandji pragiwaksono yang dimana dia bilang kalau “Dimana dalam seorang yang membuat hiburan atau ngelucu, gak mungkin mereka bisa membuat hal lucu yang bener2 100% bersih, pasti bakal ada atau setidaknya sedikit yang bakal kesinggung dengan hal yang dijadikan lucu-lucuan itu” (ini kurang lebih pendapatnya pandji dari vlognya yang judulnya ‘komedi pasti menyinggung’ kalo gak salah) ya kalo kaya gitu yang denger orangnya santai mah biasa aja atau pikirannya udah terbuka gitu ya biasa aja sih, masalahnya kalo ada yang ketutup itu, bisa berabe apalagi kalo yang ketutup ada banyak, waduh ribet udah itu.


biarpun itu tadi contohnya banyakan dari bidang hiburan sendiri, yang dimana dunia hiburan itu harusnya menghibur kan (ironi banget dah)
tapi mungkin ini sih bakal jadi badai yang pasti berlalu buat kemajuan masyarakat juga sih, karena kan namanya pembelajaran itu yang terbaik adalah pengalaman. orang sekarang liat banyak banget nih kayanya kasus atau drama2 di dunia maya & nyata yang berawal dari ketersinggungan dan ujung-ujungnya kan masyarakat bakal kebelah menjadi 2 yang setuju dengan hal tersebut menyinggung dan 1 lagi yang bersikap aelah gitu doang. nah dimana kemudian hari, melalui perdebatan-perdebatan online dan sebagainya pasti ada 1 titik dimana orang-orang itu ngerasa ah udahlah, kayanya kalo ini dilanjutin itu ya gak ada habis-nya deh. nah disitu sih kayanya orang-orang jadi pada belajar kalo ya namanya apa yang dia setuju ya setuju, kalo gak setuju ya udah gak usah perlu paksa orang itu buat setuju.

Nah akhir kata ni ada pendapat yang menarik nih, yang belakangan ini gw jadiin sebagai  pedoman. lagi-lagi dari pandji pragiwaksono. doi bilang nih terkadang apa yang menjadi kekesalan atau amarah atau aib, intinya hal yang membuat kita gak enak emang harus kita keluarin, kita kasi liat ke orang2 kalo itu hal yang buat kita gak enak, dan dimana kalo kita berhasil membuat diri kita sendiri ketawa akan hal itu, lama kelamaan hal itu bisa hilang gitu, berenti nge ganjel dalam hati kita.

Next, bakal bahas apa lagi, mungkin masih tentang ini, bikin part 2 nya kalo masih bisa, karena jujur sebenernya hal ini tentang ketersinggungan itu bisa menjalar kemana-mana sih. oke deh biar gak kepanjangan kita cukupin sampai disini, ciao...

Bahas tentang ketersinggungan Bahas tentang ketersinggungan Reviewed by Adminnya tomcatSuper on April 02, 2019 Rating: 5

No comments:

, ,

Powered by Blogger.