banner image
banner image

Ignite The Greatest Fire

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia. Pada 2016 pengguna internet di Indonesia mencapai 132 juta orang dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Angka pengguna sebanyak itu harusnya bisa menjadi modal bagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan potensi di bidang teknologi digitalnya. Selama 71 tahun kemerdekaannya, Indonesia hanya dipandang sebagai pasar besar dalam bidang ini, sedangkan negara yang seumuran dengan Indonesia yaitu Korea Selatan sekarang sudah menjadi pemain besar dalam bidang teknologi informasi ini. Hal tersebut dapat dibuktikan dari banyaknya produk dari negeri ginseng yang menginvasi Indonesia, sedangkan Indonesia sendiri tidak bisa menjadi raja di rumah sendiri. Startup digital yang mampu unjuk gigi di tanahnya sendiri jumlahnya sangat sedikit, hanya Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak dan beberapa lainnya, dengan potensi ini masyarakat Indonesia harusnya mulai untuk merintis usaha bidang digital. Untuk itulah Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini hadir sebagai wadah bagi generasi muda kreatif untuk memaksimalkan potensi ini.
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai ‘The Digital Energy of Asia’. Gerakan ini terdiri dari beberapa fase antara lain Ignition, Networking, Workshop, Hacksprint, Bootcamp dan Incubation yang pada setiap tahapnya akan mencari orang dan ide terbaik untuk dibina dan diluncurkan sebagai startup siap pakai di masyarakat.
Salah satu keynote speaker dalam kegiatan Ignition Gerakan 1000 Startup Digital yaitu Andreas Aditya mengungkapkan bahwa dalam mendirikan sebuah startup hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menyelesaikan sebuah masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan teknologi, dan hal itu dibuktikan olehnya dengan membuat aplikasi ‘nebengers’. Selain itu, Andreas Senjaya juga mengungkapkan dalam pembuatan startup juga perlu dedikasi yang tinggi tentang bidang yang akan ditekuni oleh startup yang dibentuk karena dedikasi itulah yang akan menjadi sumber motivasi kita dalam mengembangkan startup.

Hal pokok yang saya tangkap dari kegiatan Ignition gerakan nasional 1000 startup denpasar adalah untuk membuat sebuah startup adalah kita harus bisa menemukan sebuah masalah dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian memikirkan bagaimana solusinya dengan menerapkan teknologi. Perjalanan sebuah startup sendiri tidak bisa berjalan dengan mudah ataupun instan karena perlu memikirkan berbagaai aspek seperti pendanaan dan kepercayaan pengguna. Selain itu, dalam pengembangan startup juga perlu dedikasi terhadap apa yang kita kerjakan agar startup yang kita kembangkan benar-benar bermanfaat dan menjiwai.
Ignite The Greatest Fire Ignite The Greatest Fire Reviewed by Adminnya tomcatSuper on March 14, 2017 Rating: 5

No comments:

, ,

Powered by Blogger.