banner image
banner image

Hip-Hop Soulz

Breakdance, Hiphop Element

Indonesia adalah negeri yang kaya budaya. Budaya Indonesia tercipta dari banyaknya suku yang ada di negeri ini.  Selain itu, budaya asing juga banyak masuk ke Indonesia dan membuat percampuran budaya yang unik dan tentunya menambah wawasan masyarakat juga. Budaya-budaya asing itu seperti Musik, cara berpakaian, makanan dan kesenian lainnya. Budaya Hip-Hop, adalah salah satu budaya yang telah berkembang dan menyebar luas di seluruh dunia termasuk Indonesia.
                Tapi apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan Hip-Hop itu? Hip-Hop adalah budaya yang dikembangkan oleh masyarakat amerika, amerika latin dan juga Afro. Hip-hop pertama kali dimainkan pada tahun 1970’an di Sedgwick Avenue di New York, U.S.A. Budaya Hip-Hop sebenarnya terdiri dari beberapa elemen yaitu Breakdance, Poppin’ Dance, DJ (Disc Jockey), Lirik Lagu Rap (seperti Eminem) dan semakin lama, muncul elemen lainnya seperti Beatbox (Perkusi Mulut), Streetball, dan juga Style Hip-Hop seperti pakaian yang kedodoran dan topi snapback. Kata Hip-Hop berasal dari seorang anggota grup “The Furious Five” yang mengatakan kepada rekannya suara dentuman kaki tentara dari angkatan bersenjata itu terdengar berbunyi Hip dan Hop yang terdengar seperti irama musik grup itu.
                Itu tadi cerita tentang Hip-Hop pada umumnya, lalu bagaimana dengan Hip-Hop di Indonesia? Hip-Hop di Indonesia sebenarnya sudah mulai dimainkan sejak tahun1976 oleh Farid Hardja, namun saat itu Hip-Hop belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Pada generasi selanjutnya, Iwa-K, pada tahun 1991 merilis album pertamanya yang berjudul “Beatify” yang berkolaborasi dengan Melly Manuhutu. Namun albumnya tidak dirilis di Indonesia, melainkan di negeri matahari terbit, Jepang.  Setelah album Hip-Hop pertama dirilis, peminat Hip-Hop mulai berdatangan.  Terbukti dengan terbentuknya Jogja Hip-Hop Foundation (2003) yang digawangi oleh 5 rapper medok dan seorang sinden yaitu Soimah, Jogja Hip-Hop Foundation (JHF) adalah grup Hip-Hop yang paling unik dan juga menarik. Karena JHF menggunakan musik gamelan untuk mengiringi lirik rap-nya yang berbahasa Jawa, tapi walaupun terdengar “Kampungan” JHF sekarang sudah menjelma menjadi grup Hip-Hop yang diperhitungkan didunia karena musiknya yang unik. Dan kemudian terbentuklah SAYKOJI yang nge-hits dengan lagu “OnLine”-nya. Itu tadi cerita tentang Rapper-nya, sekarang kita cerita tentang hal terkeren dalam Hip-Hop yaitu Breakdance. Breakdance di Indonesia dipelopori oleh Iwa-K juga. Bisa dibilang Iwa-K itu bapak Hip-Hop indonesia, karena hampir semua elemen hip-hop dipopulerkan olehnya. Mulai dari musik, breakdance hingga beatbox.

Yo Guys, segitu dulu posting kali ini. kalo ada yang berminat jadi seorang yang "hip-hop" boleh kok mempelajari hal2 itu, but don't forget your local genius!
Hip-Hop Soulz Hip-Hop Soulz Reviewed by Adminnya tomcatSuper on March 30, 2013 Rating: 5

No comments:

, ,

Powered by Blogger.